TUGAS
KEWIRAUSAHAAN
‘’RESUME
ARTIKEL KEWIRAUSAHAAN’
Nama: Anugra prasetyo La’lang Surbakti
NIM : 14021105029
Dalam artikel ini, saya dapat membuat
intisari yang dibagi menjadi beberapa point. Yaitu ;
Ø WIRAUSAHA DARI ASPEK
SUMBER DAYA MANUSIA
1.
Langkah-langkah penyediaan sumber daya manusia :
a) Perekrutan karyawan
Penarikan tenaga kerja adalah langkah pertama di dalam
menyediakan sumber daya manusia bagi organisasi kewiraswastaan setiap kali
terdapat posisi yang kosong.
b) Seleksi calon karyawan
Seleksi tenaga kerja adalah penyaringan awal dari calon
sumber daya manusia yang tersedia untuk mengisi suatu posisi. Tujuannya adalah
untuk memperkecil hingga jumlah yang relatif sedikit calon karyawan dari mana
seseorang akhirnya akan disewa.
c) Pelatihan karyawan
Pelatihan karyawan adalah keterampilan yang diajarkan pihak
perusahaan kepada karyawannya.
d) Penilaian hasil kerja
Penilaian tentang hasil kerja yang telah dilakukan oleh karyawannya,
apakah sesuai dengan yang diharapkan atau belum.
2.
Perencanaan Sumber Daya Manusia
Andrew
E. Sikula (1981;145) mengemukakan bahwa: “Perencanaan sumber daya manusia atau
perencanaan tenaga kerja didefinisikan sebagai proses menentukan kebutuhan
tenaga kerja dan berarti mempertemukan kebutuhan tersebut agar pelaksanaannya
berinteraksi dengan rencana organisasi”.
George Milkovich dan Paul C. Nystrom (Dale Yoder, 1981:173)
mendefinisikan bahwa: “Perencanaan tenaga kerja adalah proses peramalan,
pengembangan, pengimplementasian dan pengontrolan yang menjamin perusahaan mempunyai
kesesuaian jumlah pegawai, penempatan pegawai secara benar, waktu yang tepat,
yang secara otomatis lebih bermanfaat”.
Perencanaan SDM merupakan proses analisis dan identifikasi
tersedianya kebutuhan akan sumber daya manusia sehingga organisasi tersebut
dapat mencapai tujuannya.
1. Kepentingan Perencanaan SDM
Ada tiga kepentingan dalam perencanaan sumber daya manusia
(SDM), yaitu:
· Kepentingan Individu.
· Kepentingan Organisasi.
· Kepentingan Nasional.
Ø WIRAUSAHA DARI ASPEK
PEMASARAN
Konsep pemasaran yang telah
diungkapkan dengan berbagai cara:
1. Temukan keinginan pasar dan
penuhilah.
2. Buatlah apa yang dapat dijual dan
jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat.
3. Cintailah pelanggan, bukan produk
anda.
4. Lakukanlah menurut cara anda (Burger
king).
5. Andalah yang menentukan (United
Airlines).
6. Melakukan segalanya dalam batas
kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan
kepuasan (JC. Penney).
Dalam menerapkan pasar sasaran,
terdapat tiga langkah pokok yang harus diperhatikan, yaitu:
1.
Segmentasi Pasar
2.
Penetapan Pasar Sasaran
3.
Penempatan Produk
Dalam menyusun strategi pemasaran ada dua variabel utama
yang perlu dipertimbangkan, yaitu:
1. Variabel yang dapat di kontrol oleh wirausaha:
a. Market
Segmentation
b. Market
Budget
c. Timing
d. Marketing
Mix
Ø ASPEK KEUANGAN
Sumber
dana dibagi dalam 2 kategori yakni:
(a) Sumber internal yaitu: Dari
Laba Ditahan (Retained Earning) , Penyusutan, amortisasi, dan Deplesi (
Depreciation, Amortization, dan Deplention) Lain-lain, misalnya penjualan harta
tetap yang tidak produktif.
(b) sumber eksternal yaitu: Modal
Pemilik atau modal sendiri (Owner Capital atau Owner Equity). Atau modal saham
(Capital Stock ) yang terdiri dari : Saham Istimewa (Preferred Stock) dan Saham
Biasa (Common Stock). Utang (Debt), Utang Jangka Pendek (Short-term Debt) dan
Utang Jangka Panjang (Long-term Debt). Lain-lain, misalnya hibah.Masalah utama
dalam mengoptimalkan keputusan pendanaan adalah menetapkan struktur modal
(utang dan ekuitas) yang optimal sebagai asumsi dasar dalam memutuskan berapa
jumlah dana dan bagaimana komposisi jumlah dana pinjaman dan dana sendiri yang
ditambahkan untuk mendukung kebijakan
BAB IV
PENUTUP
Kewirausahaan
bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan sehingga banyak yang perlu dipelajari
dan diperhatikan untuk menjadi seorang wirausahawan. Dewasa ini kewirausahaan
sudah mulai berkembang diiringi oleh majunya teknologi, pengetahuan, dan faktor
pendorong lainnya. Semoga dengan berjalannya waktu wirausahawan di Indonesia
ini bisa bertambah dan membuat Indonesia sekahtera dan makmur.
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut